Jokowi Disebut Terima Banyak Keluhan dari Pemberi soal Kecepatan Investasi di IKN

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan sejumlah arahan terhadap sejumlah menteri berhubungan kesiapan lahan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur untuk investasi.

Pasalnya, dia memperoleh banyak keluhan dari investor tentang kecepatan investasi di IKN.

Ada dua hal yang diberi nasihat oleh bapak presiden terutama untuk kesiapan lahan untuk investasi dan percepatan investasi karena beliau banyak memperoleh keluhan-keluhan dari investor tentang kecepatan investasi di IKN,\\\” kata Menteri Profesi Biasa dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berakhir rapat bersama Jokowi di Rumit Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Menurut dia, Jokowi meminta jajaran menteri menyediakan meja untuk investor menyampaikan pengaduan investasi. Jokowi juga ingin disiapkan penanggung jawab untuk menangani atau berkomunikasi dengan investor.

\\\”Jadi apakah satu PIC untuk satu investor, apakah satu PIC untuk 5 investor atau 1 layar kaca untuk 10 investor, sehingga investor itu dapat komunikasi Intens dengan pejabat IKN itu yang namanya pic itu, itu satu. Sebab mungkin beliau melihat mungkin ini ada kurang intensnya PIC,\\\” jelasnya.

See also  10 Contoh Teknologi Informasi, Lengkap bersama Penjelasannya!

Kecuali itu, Jokowi memerintahkan supaya status lahan bagi investor spaceman slot seketika diatur dan diperjelas. Basuki menuturkan, Jokowi akan memonitor arahan-arahan tersebut.

\\\”Jadi tanahnya dijual, harganya diatur oleh Otorita asal tak melanggar regulasi. Itu juga kalimatnya beliau. Kerja cepat tapi tak melanggar regulasi. Dua hal itu yang diberi nasihat beliau dan beliau akan memonitor ini ke depannya,\\\” tutur Basuki.

Sudah Berkomunikasi dengan Masyarakat Adat
Sementara itu, Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono menyebut pihaknya terus berkomunikasi dengan masyarakat adat setempat berhubungan keadaan sulit lahan.

Semisal, dengan membuka forum yang berisi tokoh masyarakat, warga setempat, dan investor.

\\\”Saya kaprah kita prinsipnya semestinya lebih bagus ya, semuanya lebih bagus. Jadi komunikasi intens sedang berjalan di lapangan,\\\” ujar Bambang.

Jadi kita ada forum-forum yang melibatkan masyarakat sekitar situ, tokoh masyarakat, dan pada investor yg baru masuk situ, itu juga kita juga ada forumnya,\\\” sambung dia.

Luhut Protes Ukuran Rumah Menteri di IKN Kecil
Menteri Profesi Biasa dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyanggah rumah dinas menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur disebut mewah. Ia mengatakan luas rumah dinas menteri di IKN lebih kecil dibandingi di Widaya Chandra, Jakarta.

See also  Hands-on Tecno Sparks 20 Pro Plus, HP Ringan dengan Kamera 108 MP

Pun, kata dia, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengeluhkan kecilnya ukuran rumah dinas menteri di IKN. Meski, rumah menteri di IKN sebetulnya masih dapat diperbesar.

\\\”Ya dulu yang nyebut mewah siapa? Bila buat saya, jadi lebih kecil. Sebab saya nempatin ya (rumah dinas Widya Chandra). Lebih kecil dari ukuran di Widya Chandra. Pun, Pak Luhut bilang, \\\’lho ini kok kecil?\\\’ Mestinya dapat dibesarkan,\\\” kata Basuki terhadap wartawan di Rumit Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/3/2023).

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *