Pengertian Teknologi Informasi Dan Kegunaannya

Pengertian Teknologi Informasi Dan Kegunaannya

Internet of things, teknologi informasi.

Teknologi informasi (TI) atau didalam bhs Inggris information technology (IT) tetap berkembang dan punyai efek besar didalam kehidupan manusia.
Tak cuma sebagai pelengkap, teknologi informasi apalagi telah slot777 seperti asisten didalam tiap tiap kesibukan manusia.

Akhir 2000-an telah ramai HP Blackberry yang disusul HP Android dan iOS, hingga sanggup digunakan untuk transaksi keuangan.

Dalam artikel ini, dapat kita ulas secara lengkap tentang teknologi informasi, terasa berasal dari pengertian, fungsi, umpama penerapannya di masa kini, dan juga prediksi TI di masa depan.

Pengertian Teknologi Informasi

Dilansir berasal dari web site National Institute of Standards and Technology (NIST), teknologi informasi adalah tiap tiap peralatan atau sistem atau subsistem peralatan yang saling berhubungan, digunakan didalam akuisisi, penyimpanan, manipulasi, manajemen, pergerakan, kontrol, tampilan, pengalihan, pertukaran, transmisi, atau penerimaan information atau informasi secara otomatis.

Istilah TI ini termasuk beberapa hal, antara lain komputer, peralatan tambahan, perangkat lunak, firmware, dan prosedur serupa, fasilitas (termasuk fasilitas pendukung), dan juga sumber daya terkait.

See also  Strategi Media dalam Menghadapi Disrupsi Teknologi Digital

Selain definisi di atas, ada beberapa pengertian menurut para pakar yang dikutip berasal dari penelitian di repository Universitas Islam Riau (UIR).

Menurut McKeown yang dikutip Suyanto, teknologi informasi adalah semua wujud teknologi yang dipakai untuk menciptakan, menyimpan, membuat perubahan dan gunakan informasi didalam segala bentuknya.

Pengertian lainnya, menurut Martin, teknologi informasi tidak terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan lunak), tetapi termasuk teknologi komunikasi untuk memproses, menyimpan, mengirim atau menyebarluaskan informasi.

Tujuan dan Fungsi Teknologi Informasi

Masih berasal dari uir.ac.id, Sutarman menyebut obyek berasal dari teknologi informasi adalah menopang manusia didalam memecahkan masalah, mengakses kreativitas, dan menaikkan efektivitas dan efisiensi didalam lakukan pekerjaan.

Ada enam kegunaan berasal dari teknologi informasi, yaitu:

1. Menangkap (Capture)

Teknologi informasi sanggup menangkap atau terima information masukan.

2. Mengolah (Processing)

Setelah terima data, TI terhitung sanggup memproduksi information bersama langkah mengkompilasikan catatan rinci berasal dari aktivitas, seumpama terima information masukan berasal dari keyboard, kamera, mikrofon dan sebagainya.

See also  KELEBIHAN RUMAH TEKNOLOGI JEPANG

Data itu lantas diproses didalam wujud konversi (pengubahan information ke wujud lain), analisis, perhitungan, dan sintesis segala wujud information dan informasi.

3. Menghasilkan (Generating)

Yang dimaksud membuahkan adalah menjadikan informasi didalam wujud yang lebih berguna, seumpama tabel, grafik, dan laporan.

4. Menyimpan (Storage)

Adanya TI membawa dampak information sanggup disimpan ke suatu media, seumpama disket, tape, CD, DVD, hard disk, flash disk, hingga cloud storage.

5. Mencari Kembali (Retrieval)

TI sanggup menelusuri atau melacak ulang information informasi yang telah disimpan. Contohnya, melacak foto cuma bersama menyesuaikan wajah.

6. Transmisi (Transmission)

TI memudahkan manusia didalam mengirimkan information dan informasi berasal dari satu area ke area lain melalui jaringan komputer. Misalnya mengirimkan information melalui bluetooth atau jaringan internet.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *